Sabtu, 29 Agustus 2015

Super Catper Gunung Rinjani, 21-28 Juli 2015

Ya, ternyata surga memang pernah bocor. Dan bocorannya itu ada di Indonesia. Maasya Allah

Kenapa gw sebut ini sebagai super catper adalah karena perjalanan ini serba super. Super deg”an saking excitednya, super niat (gw sampe potong pendek rambut panjang gw tepat seminggu sebelum berangkat ngRinjani), super rame, super lama (total 12 hari gw perginya dengan 7 malam di Rinjani), super haru, dan yang paling penting adalah super membahagiakan. Alhamdulillah. Berawal dari mimpi trio cwe, gw Pipit Fani. Kita bertiga udah ngidam banget nih pengen ke Rinjani. Jadilah masing” dari kita nyari teman yang mau ikut. Ternyata banyak yang mau join. Salah satunya adalah Kristiiinn yang merupakan anggota PHP team. Ga jadi nyumbing bareng akhirnya kita ngRinjani bareng ya tiin. Yeay! Dan akhirnya total team adalah 10 orang, 5 cwe dan 5 cwo. Asek :D

19 Juli 2015
Gw bangun super pagi, jam 03.30, dan langsung bikin sarapan buat dibawa, ga makan dirumah, demi menghemat waktu, lalu mandi dan lain”. Gw udah mesen taksi sehari sebelumnya, minta dijemput jam 04.30. Sekitar jam 04.20-an taksinya npon cuma ga keangkat sama gw. Yasuwlah. Selesai beres” dan siap berangkat. Gw lirik jam dinding dan udah jam 04.40. Loh, ko taksinya belum datang?? Ogah bertanya” gw langsung tpon dan tnyata taksinya ga dapet unit. Tadi dia npon mau ngabarin itu. Dia nanya gw mau nunggu apa cancel, gw jawab nunggu. 15 menit kmudian dia npon lagi dengan kabar dan pertanyaan yang sama. Gemes, akhirnya gw cancel aja. Udah jam 04.55, dan gw belum berangkat, sedangkan jadwal kereta jam 5.50. mulai dagdigdug takut ketinggalan kereta. Gw ngacir ke depan gang dan berdoa semoga dapet taksi. Dan nyari taksi di jalan dengan waktu yang masih H+2 lebaran itu susah bangeet. Subuh” pula. Ojek pun ga ada. Ketar ketir dan sempet keringet dingin. Alhamdulillah akhirnya pas jam 5.20 ada juga taksi yang lewat.

Begitu duduk di taksi gw langsung curhat ke supirnya bahwa kereta gw berangkat 30 menit lagi. Untung supirnya tanggap dan untungnya juga jalanan masih lengang karena masih pagi dan lebaran juga. Menjelang 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta, gw masih aja di taksi, stuck di palang kereta. Ditunggu semenit dua menit, tapi kereta ga lewat”. Supir taksi menyarankan gw untuk lari aja demi ngejar waktu. Gw pun setuju karena udah gelisah juga. Turun dari taksi gw langsung lari. Huaaa,, tinggal 7 menit tersisa. Ngos”an, akhirnya sampai juga di check tiket. Gw langsung wa-in pipit nanya dia dimana, soalnya tiket kereta dia sama gw. Ga pake lama akhirnya ketemu dan kita langsung masuk, turun dan naik tangga dengan buru”, nyampe. Ternyata kereta kertajaya-nya belum datang. Alhamdulillah ga ketinggalan kereta. Oia, disini gw ketemu sama anggota team kita juga, Ebi. Ga berapa lama kereta datang, kita dan penumpang lain naik, kereta pun segera berangkat ke Surabaya.

Singkat cerita, gw Pipit Ebi nyampe di Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Waah, ke stasiun ini lagi. :D langsung ke terminal Bungur Asih untuk selanjutnya ke Malang. Sesampainya di Malang, turun dari bus, kita dijemput Fani untuk kemudian nebeng tidur di rumahnya. Akhirnya bisa nglurusin badan. Nyamannyaa.. Dan dalam kenyamanan itu gw pun tertidur.

20 Juli 2015
Pules tidur semalam bikin gw seger banget pas bangun. Hari ini rencananya berangkat ke Mataram, naik bus. Tapi sebelumnya kita kudu ambil gas dulu di tempat kenalannya Fani. Gasnya isi ulang dari kaleng gas yang kosong, selain lebih ramah lingkungan karena reuse, juga lebih hemat. Udah mana disodorin kue lebaran dan rujak lagi sama tuan rumah. Yah, namanya cwe doyan ngemil, disodorin cemilan dan rujak, abislah tu makanan sama kita. Ga laper sih sebenernya, cuma pengen ngunyah aja. Hihihi.. *ketawa malu”. Nah, di tempat ngambil gas ini kita ketemu lagi sama anggota team, kang Diman. Hohohoo. Selesai urusan ngambil gas, kita langsung cuss ke pasar untuk belanja logistik trus kembali ke rumah Fani untuk repacking dan akhirnya berangkat ke terminal. Sekitar jam stenga8 bus pun berangkat dengan tujuan ke terminal Mandalika, Mataram. Dan team yang naik bus ini adalah gw, Pipit, Fani, Ebi, dan kang Diman. Ciyeeehh Kang Diman paling ganteng dah ni. :))

Hari ke-1, 21 Juli 2015
Setibanya di terminal Mandalika, gw Pipit Ebi langsung gerak cepat nyari atm buat bayar bookingan tiket pesawat kita bertiga. Jadi pas masih di bus, deket” mau nyampe, Pipit iseng nyari tiket pesawat untuk kita (gw Pipit Ebi) pulang. Dan dapet. Tiket promo di tanggal 28. Yes! Ngbayangin nti pulangnya ga perlu berjam” di bus dan kapal lagi mendengar lagu dangdut dengan liriknya yang wah. Lalala yeyeye. Nah, begitu nemu atm bca, langsung deh kita bayar. Selesainya, kita balik lagi ke terminal karena gw mau mandiiii. Hahhaha. Gw abis ‘dapet’ dan butuh banget mandi wajib biar bersih doonk. Mandi dah. Dan kamar mandi di Mandalika itu pewe abis. :D

Oia, di Mandalika ini kita ketemu lagi sama anggota team, Kang Surya, juga dengan team pendamping (caelah namanya team pendamping :D ) yang berisi 4 anggota; Danang, Alam, Lia, dan Ica. Danang dan Lia ini abang adek. Klo Alam dan Ica ini teman tapi ngarep. Mereka berempat masih mahasiswa. So young yak (berasa tuir). Wkwkwk.

Selanjutnya kita semua nunggu rombongan pesawat dah, yakni Kristin, Hendra, dan adeknya Hendra, Kartono. Singkat cerita setelah ketemu kita langsung cuss ke basecamp Sembalun dan disana udah menanti anggota team kita juga, Hendri, yang udah berjam” nungguin. Hihihi. Repacking, doa, dan selanjutnya, sekitar jam 12 kurang kita semua mulai ngRinjaniiii. :D Tapi berhubung mulai nanjaknya udah kemaleman, kita ga mau forsir ngcamp di pos 2. Sedapetnya aja. Dan akhirnya kita ngcamp sebelum pos 1 *ngakak. Ga pake lama kita pun langsung tiduur.

Hari ke-2, 22 Juli 2015
Hari ini rencananya adalah menuju Plawangan. Usai sarapan dan berberes, kita pun mulai jalan. Trek yang dilewati adalah sabana luas. Dan hari itu matahari bersinar dengan semangatnya alias super terik. 40 menit berjalan dari tempat ngcamp, kita nyampe di pos 1. Di sini ngobrol sama pendaki” dari Bekasi yang selanjutnya kita jalan susul menyusul sama mereka dan nantinya lanjut kenalan dan main bareng. Ga sampai disitu, kelar Rinjani mereka bkin grup wa dan invite kita. Hahhaha. Nambah temen. :D Rehat lumayan lama, kita lanjut jalan ke pos 2. Break makan siang lalu lanjut ke pos 3. Setelah pos 3 ini adalah 7 bukit penyesalan. Eng ing eeng.. Penasaran kayak apa sih rasanya nglewatin tuh 7 bukit yang sampe dinamain segitu dramatisnya. Dan ternyata emang benar” …. (isi sendiri titik”nya). Menguji kesabaran banget ni bukit.

Sekitar jam 9 malam, akhirnya kita semua nyampe juga di Plawangan. Yeay :D Rencana awalnya mau muncak esok dini hari, tapi berhubung kemaleman nyampe di Plawangan, diputuskan untuk delay, jadi besok kita belum muncak, tapi stay di Plawangan. Deal. Sehabis makan malam, kita pun langsung istirahat.

Hari ke-3, 23 Juli 2015
Pagi hari di Plawangan ituu,, luar biassa!! Pemandangan danau Segara Anak yang fenomenal dan menjadi icon gunung Rinjani terlihat begitu cantik. Ah, Rinjani. Begitu cantiknya dirimu.. Menghirup semilir angin pagi di Plawangan Rinjani. Dingin” sejuk. Dan tak lupa bernarsis ria dengan background Segara Anak. Suka suka suka! :D

Plawangan dengan view Segara di pagi hari

Seharian ini kita ga kemana” alias full time di Plawangan. Dan siang hari di Plawangan itu puanase pol. Inget banget kemarin siang” gini kita juga panas”an di sabana. Pulang ke Jakarta bakal gosong dah ni. Hahhaha. Berhubung ga bisa bobo siang di tenda karena panas, untuk ngisi waktu kita main kartu aja. Yang kalah kudu jongkok. Hukuman yang simpel tapi berasa juga klo kalahnya berturut”. Dari ngbaca tulisan ini aja udah ketahuan kan siapa yang sering kalah. *tutupmuka

klo udah sore, view Segaranya ketutupan awan :D

Hari ke-4, 24 Juli 2015
Hari ini hari muncak. Hore! Entah jam berapa gw bangun karena tidurnya juga tidur” ayam, ga pules gara” pilek yang melanda. Biasa, klo lagi pilek kan tidur miring kanan, hidung sebelah kanan jadi mampet, tidur miring kiri, hidung sebelah kiri gantian mampet. Hihihi. Bangkit dan ngliat sekeliling, anak” masih pada tidur. Buka pintu tenda, ngliat tenda anak” lain, belum ada tanda” kehidupan. Bingung. Akhirnya rebahan lagi. Wakakak. Akhirnya sekitar jam 1 bangun dan ga bisa tidur lagi. Ga berapa lama anak” pada bangun juga dan semua bersiap. Jam 02.30, setelah membentuk lingkaran dan berdoa, kita pun berangkat muncak.

Dan dari Plawangan ke puncak itu treknya panjaang. Oia, pas muncak ini gw ada ngobrol sama bule wow. Awalnya sih dia nanya gw punya tisu apa ngga. Gw iyain dan bilang ke kang Diman bahwa ni bule minta tisu. Abis itu gw tanya” dah tu bule dari negara mana. Dijawab Hungaria. Gw tanya lagi, teamnya mana. Dan ternyata dia dari negaranya datang ke Rinjani ini sendirian. Aiih. Gw tanya lagi dia pake porter apa ngga yang ternyata ngga. Gw tanya pake guide, dijawab ngga juga. Buseh. Datang sendirian dari jauh untuk ngRinjani dan tanpa porter atau pun guide. Salut! Berhubung dia jalannya cepet (atau mungkin sebel kali ya gw tanya”in sambil jalan. Hihihi), dia pamit untuk jalan duluan.

Matahari mulai muncul dan semburatnya terlihat syahduu sekali. Trek berpasir sudah sedari tadi menyambut. Di depan gw liat anak” lagi pada foto”. Ikutan nimbrung dengan view Segara Anak. Semakin ke atas, view Segara Anak dan gunung Barujari semakin dramatis. Komposisi yang amat memukau. Kelar foto”, kita lanjut jalan lagi. Ga bisa berhenti lama” karena walaupun mataharinya sudah muncul, tapi semakin ke atas, angin dingin juga semakin kencang bertiup.

Gw mulai kelelahan. Di depan gw ngliat lagi tu bule yang tadi sedang berjalan ke arah turun, ke arah gw. Gw tanya lagi deh. Huahhaha. Ternyata dia ga nyampe puncak. Dia nunjuk sebuah batu jauh di depan dan bilang dia nyampe situ trus turun. Gw bilang tanggung banget tapi dia bilang itu udah cukup buat dia. Yasuw. Setelah saling ngucapin kata” seperti nice to meet you, gw pun lanjut jalan lagi ke puncak.

Anak” udah ga ada lagi di depan gw. Kayaknya udah pada nyampe puncak. Ngatur napas gw tetap jalan perlahan. Dan super ga nyangka, gw liat Kang Diman lagi jalan turun. Walah. Gw pikir anak” udah pada mau turun aja. Ternyata ngga. Yang turun cuma kang Diman dan itu untuk jemput gw. Huaaaa akaaaang. Baik banget sampe turun lagi dari puncak untuk ngjemput aku. Makasih ya kang Diman. :D Ga lama kemudian gw ngliat Hendri.
Hendri: “puncak raa”
Gw: “mana?”
Hendri: “ini udah puncak. Itu bendera”
Gw: “serius??”
Hendri: “serius ra” (sambil ngajakin gw tos, yang langsung gw sambut tos-annya sambil nahan nangis)
Abis lepas tos sama Hendri gw langsung ngjatuhin diri gw untuk sujud syukur. Huhuhuuuu,, air mata syukur ngalir begitu aja dari mata gw. Allahu akbar. Allah Maha Besar. Terharu banget!! Biasanya gw cuma menggenang airmata, tapi di Rinjani ini airmata gw beneran netes. Gw cium pasir puncak Rinjani dengan ujung hidung, bibir, dan air mata gw. Rinjani,, ini impian gw dari jaman kuliah,, akhirnya terlaksana. Terima kasih Allah..

Dan yang namanya puncak, selalu berhasil bikin gw merasa tentram dan terpukau. Dan puncak Rinjani bener” totalitas. Pemandangannya aduhaaaaiii aduh cantiknya membuat hatiku berdebar-debar *jadi nyanyi. Puncaknya dingiin. Anginnya kenceng. Mataharinya seakan cuma memberi terang tanpa menghangatkan. Gw yang berbadan mini ini sampe takut terbang. Wkwkwk. Puas menikmati indahnya puncak plus puas kedinginan, hihihi, kita pun bergegas turun kembali ke camp.

Dan turun dari Rinjani, walaupun sama” pasir, tapi beda banget sama menuruni semeru. Kalo turun semeru bisa sosorodotan (baca: perosotan) kaki macam pemain ski, di Rinjani ga bisa. Akhirnya sekitar jam stengah 2, kita nyampe lagi di camp dan langsung rebahan tepar di tenda. Hahhaha.

Dengan menimbang jika tetap turun ke Segara Anak hari itu juga bakal kemaleman banget, berhubung treknya bahaya jika dilewati di malam hari, plus fisik yang masih cape abis muncak, akhirnya diputuskan untuk ngcamp semalam lagi di Plawangan. Jadilah kita ngcamp 3 malam di Plawangan. Betah banget ye. *ngakak

Hari ke-5, 25 Juli 2015
Hari ini rencananya ke Segara Anak, setelah sempat tertunda. Perkiraan waktu turun dari Plawangan ke Segara Anak kurang lebih 4 jam. Setelah sarapan, bongkar tenda dan packing, sekitar jam 9 kita mulai turun ke Segara setelah sebelumnya foto” dulu full team dengan view Segara Anak. Asek. :D Oia, di sini kita pisah sama Kang Surya dan Hendri, mereka turun kembali ke Sembalun alias ga bareng ke Segara Anak. Huhuhuu. Berkurang deh anggota teamnya.

Ki-ka: Kang Surya, gw, Pipit, Ebi, Kristin, Hendri, Fani, Kang Diman, Hendra, Kartono

Jalan dari Plawangan menuju ke Segara itu beneran terjal. Emang amannya jangan dilewati saat malam ya. Bahaya. Dan begitu nyampe di Segara,, asli speechless. Gw sempat terdiam beberapa detik sampai akhirnya gw angkat kedua tangan dan teriak,”aaaa Segaraaaa..” Seriusan cakep banget! Jika kemarin” cuma ngliat Segara dari Plawangan dan Puncak, sekarang Segara nya ada di depan mata. Jika Semeru punya Ranu Kumbolo yang fenomenal itu, Rinjani juga punya Segara Anak yang wow amazing. Jangan tanya bagusan mana karena setiap gunung punya kecantikannya masing”. Tapi gw pribadi emang lebih ngrasa nyaman di Segara. Selain karena view danaunya yang luas banget, view sekitarnya juga ciamik. Ada gunung Barujari yang berdiri dengan anggunnya. Juga Segara dikelilingi tebing” kokoh yang seolah melindungi keberadaannya. Kita nyampe di Segara Anak jam 1 siang.

Setelah diriin tenda, kita menikmati siang di Segara. Surga banget! hohohoo. Oia, di Segara ini juga ada pemandian air panas. Kita pun rencana mau mandi air panas nanti malam. Cihihiy. Siang ini kita kedatangan tamu, si para pendaki dari Bekasi, yang main ke camp kita. dan berlanjut sampai malam dan akhirnya main kartu dengan pemainnya, yakni gw, Pipit, Hendra, Jovan, dan Syamsul. Hukuman bagi yang kalah bukan jongkok lagi kayak di Plawangan, melainkan coret muka pake lipstick. Alamak. Hahhaha. Dan ga kayak waktu di Plawangan, di Segara ini gw ga kalah sama sekali doonk. Jadilah muka gw satu”nya yang aman dari coretan lipstick. Hohohoo.*belagu

Dokumentasi kelar main kartu :))

Hari ke-6, 26 Juli 2015
Hari ini rencananya adalah turun ke Senaru untuk selanjutnya ke Kenawa. Gw bangun pagi dan langsung masak nasi goreng buat sarapan karena gw pikir semakin pagi kita sarapan dan bersiap, semakin cepat juga kita bisa sampai di pintu Senaru, berhubung dari Segara ke Senaru butuh sekitar 11-12 jam. Dan ketika gw lagi masak itu, satu persatu anak” mulai bangun. Dan disinilah awal mulanya terjadi rayuan maut,, yang berujung pada kita delay turun ke Senaru alias ngcamp semalam lagi di Segara. Bahkan untuk ngrayu gw, Pipit mau untuk joget goyang dumang donk, request-an gw, walaupun baik gw maupun kita semua ga ada yang tau goyang dumang tuh kayak apa. Hahhaha. Thanks hiburannya Pit. :D Oia, walaupun gw Pipit Ebi Kristin jadinya ngcamp lagi, Kartono memilih untuk tetap turun ke Senaru. Sebenarnya Hendra juga maunya besok aja, cuma sebagai abang yang baik dia akhirnya nemenin adeknya untuk turun. Yaah berkurang deh. Dan sekitar jam 9, Hendra dan Kartono mulai berangkat. Hiks.

Berhubung belum jadi pulang, gw dan Pipit pun mau menunaikan rencana mandi air panas yang kemarin canceled saking keasikan main kartu coret muka. Sesampainya di spot pemandian air panas, kita langsung cari lapak deh buat berendam. Jadi aliran air belerangnya ini luas dan mempunyai banyak kolam. Cantik dan pewe abis! Duh Rinjaniii,, bikin betah banget siih. :D Sekitar 1 jam main air belerang, gw dan Pipit pun kembali ke camp.

Sesampainya di camp, anak” pada ga ada, Cuma ada Ridho yang ngjomblo jagain tenda. Oia, di hari ini gw kenalan sama Ridho dan bang Beng, seniornya team pendamping. Hihihi. Ga berapa lama bang Beng datang dan bilang bahwa Kristin, Ebi, Lia, dan Ica lagi mancing. Dan pas mereka jalan mendekat dari kejauhan, gw dan Pipit bisa ngliat mereka bawa ikan banyak banget nget nget. Langsung tepok kegirangan. Dan semakin mendekat, gw dan Pipit kaget plus ngakak, ternyata mereka mancingnya pake lipstick euy. Waah, cantik” yaa. *ngakak

Berhubung melimpah ikan yang di dapat the ladies tadi siang, plus Fani, kang Diman, Danang, dan Alam yang juga bawa oleh” ikan sehabis naik gunung Barujari, jadilah malam ini kita barbecue-an (halah) ala pendaki. Makan besar dan super lezat. Cihiy. Nikmat sekali rezeki-Mu ya Allah. Seakan surga didekatkan ke bumi. Alhamdulillah.

Hari ke 7, 27 Juli 2015
Setelah 2 malam di Segara, akhirnya kita turun juga. Oia, Fani dan kang Diman masih mau stay beberapa hari, mereka mau ke goa Susu dan Goa Payung. Betah di Segara euy. Hahhaha. Berhubung dari Segara ke Senaru itu panjang dan butuh waktu yang lama, jadi sebaiknya berangkat dari pagi. Tapi kita malah berangkat siang, jam 11. Eaaakk. Setelah foto dulu full team (always ye :D ), kita pun mulai jalan.

Team turun dengan latar gunung Barujari dan pastinya, danau Segara Anak :D
Ternyata trek Segara-Senaru ga sekedar panjang, tapi juga ekstrem. Melewati tebing batu”an panjang, besar, dan licin. Di saat melewati batuan itu, kita dapat kabar dari porter yang ada di situ bahwa kemarin ada bule Thailand yang meninggal karena kepleset jatuh pas nglewatin trek yang sedang kita lalui. Eaaaa. Semakin meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan, Alhamdulillah kita melewatinya dengan baik. Trek ngaco masih terhampar sampai akhirnya kita nyampe di pos Plawangan Senaru. Kita rehat lama di sini sambil memandang matahari terbenam.

Ketika matahari udah terbenam, perjalanan dilanjutkan dengan memakai headlamp dan buff. Karena udah gelap dan trek selanjutnya masih panjang dan berpasir. Kita push jalan cepat, demi mengejar tiket pulang gw, Pipit, dan Ebi besok pagi. Makasih ya guys.. Sampai akhirnya tiba di pos 2. Tadinya cuma mau rehat sebentar sebelum nglanjutin jalan lagi. Tapi dengan kondisi badan yang kelelahan, anak” mulai tertidur. Ga mau memforsir tenaga anak” yang kelelahan dan butuh istirahat demi tiket kita, akhirnya gw Pipit Ebi merelakan tiket kita hangus. Yasuwlah ya, kalian lebih berharga daripada tiket” itu. Ciyeeh..

Hari ke 8, 28 Juli 2015
Bangun dengan badan pegel” karena berdesakan tidur di tenda. Keluar tenda deh. Diluar masih setengah malam setengah pagi. Gw juga masih ngantuk. Masuk tenda lagi deh. Pas masuk, eh lahan udah ga ada. Eaaa. Mau tidur di pendopo tapi dingin. Yasuw akhirnya lanjut tidur di teras tenda dengan punggung dan kepala nyender carrier. Dan ternyata lebih pewe alias gw bisa tidur lelap. Pas udah beneran pagi, kita bangun dan sarapan roti. Mantep kan, udah hari ke 8 aja masih ada yang nyetok roti tawar plus selai dan kejunya. Wkwkwk. Setelahnya kita pun lanjut turun ke pintu Senaru.

Dari perkiraan awal sekitar 3 jam, ternyata cuma 2 jam dari pos 2 ke pintu Senaru. Tau gitu…. Hahhahaha. Sesampainya di Senaru langsung ceria menyambut makanaaann karena ada warung di situ. Oia, ada 5 anak anjing yang lucu” banget di warung ini. Gw gendong” gemes dah tu anak” anjing (ko ga enak ya bacanya, anak” anjing.. *ngakak). Lucunya ga kayak anak kucing yang lincah loncat kesana kemari, anak anjingnya ketika gw taruh di dudukan bambu panjang, mereka cuma ke pinggir” dudukannya, tanpa berani ngeloncat turun. Lucuuu. :D Cukup lama juga kita ngaso di pintu Senaru sampai akhirnya lanjut turun dan naik losbak. Destinasi pemberhentian adalah di rumah Danang dan Lia.

Gendong anak anjing di pintu Senaru :D

Oia, ada kejadian kocak di jalan menuju rumah Danang. Jadi karena capek dan anginnya juga sepoi”, gw tidur dah. Dibangunin sama anak” karena hujan. Losbak pun berhenti dan kita turun untuk neduh. Nah pas neduh ini anak” pada cerita. Jadi pas di losbak tadi, kita semua tidur, kecuali Danang dan Alam. Terus kan gerimis tuh, Pipit kebangun karena tetesan gerimis. Dengan kesadaran yang masih setengah atau bahkan kurang, dia nanya,
Pipit: “ujan ya??
Alam: “ngga Mba, itu cuma orang nyiram taneman. Udah Mba tidur lagi aja.”
Dan Pipit pun merem lagi alias percaya bahwa tetesan air yang dia rasain itu beneran tetesan air dari orang yang lagi nyiram tanaman. Yakeles Pit. Wakakakk. Pas diceritain itu gw langsung ngakak 4 jari. Dan ujan orang nyiram tanaman jadi guyonan sampai sekarang. :))

Kita nyampe di rumahnya Danang menjelang magrib. Kristin langsung bersiap mandi untuk bergegas pulang, karena pesawat dia, Hendra, dan Kartono jam 20.30. Ica dan Alam pulang ke rumah masing”. Pipit, Ebi, dan juga gw langsung nyari colokan dan nyalain hape. Dan masuklah 17 wa, 9 bbm, dan 15 line. Wooh keroyokan. Saat itu ga semuanya langsung gw baca dan balas karena gw fokus nyari tiket pulang. Mahal” banget. Ga ada promo lagi. Hiks. Tapi mau ga mau kudu beli. Sedangkan Lia, selaku tuan rumah, dengan sigap langsung menyuguhi kita makanan dan minuman yang langsung kita lahap dalam sekejap. Pada busung lapar kayaknya. Ketika jam 7, Kristin pamit pulang dengan diantar Danang ke bandara.

Begitu Danang sampai kembali dari bandara, kang Surya dan Alam juga datang. Kita makan ayam taliwang, kuliner khas Lombok. Gw pernah makan ayam taliwang juga nih di Jakarta, tapi seriusan, enakan di sini, di Lombok. Trus juga kita makan plecing. Asli dah pedes banget. Kelar makan dan ngobrol”, gw Pipit Ebi numpang tidur di rumah Danang.

29 Juli 2015
Pagi hari ini gw udah grasak grusuk nyari tiket lagi akhirnya dan dapat. Tapi berhubung masih pagi banget, setelah book, gw ga ngapa”in juga. Karena ga bisa ke atm, atm nya ga tau dimana dan kemarin sih katanya jauh. Akhirnya gw book tiket berkali”, sebagai back up, karena bookingan yang sebelumnya udah menjelang waktu akhir pembayaran. Bingung. Gw rusuhin aja Pipit dan Ebi yang masih tidur. Mereka nyaranin coba tpon Danang aja, minta anterin ke atm. Segan juga karena masih pagi, walau akhirnya tetap gw tpon, tapi ga diangkat. Hiks. Mungkin masih tidur, pikir gw saat itu. Coba turun ke bawah, dan pas lewat ruang tamu, gw liat Danang udah duduk santai di sana. Langsung gw samperin dengan antusias,”Huaa Danang lo udah bangun?? Temenin gw ke atm yuk gw mau bayar tiket.” Sehabis bayar tiket tuh rasanya lega banget. Ibarat udah kebelet tapi kena macet dan akhirnya nemu lapak. Plong. Hahaha.

Usai dapet tiket, gw Pipit Ebi milih buat jalan” ke pantai Selingkuh (ada nama asli pantainya, cuma gw lupa, dan Danang juga nyebutnya pantai Selingkuh, jadi yasuwlah. Wkwkwk) yang cuma butuh kurang dari 10 menit jalan kaki dari rumahnya Danang. Pulang dari pantai Selingkuh gw ngrasa ngantuk dan akhirnya naik ke atas untuk tidur lagi. Entah udah tidur berapa lama, gw dibangunin sama Pipit katanya mau dibawa jalan”. Begitu turun ke bawah udah ada Ridho dan bang Beng. Cuss deh jalan. Asik. Kita jalan” ke pantai Tanjung An, pantai Kuta Lombok, pasar Sade, sebelum akhirnya nganter Ebi ke bandara untuk pulang.

Usai nganter Ebi ke bandara, kita mulai wisata kuliner. Pertama makan nasi puyung di depan bandara, lalu cuss untuk lanjut makan sate rembiga (baca: rembige), seriusan enak banget ni sate, trus ngopi” cantik dan tampan di Senggigi, dan akhirnya kembali ke rumah Danang. Ketika udah tengah malam, kang Surya datang dan ngobrol sama Danang. Gw yang saat itu belum tidur, lantas turun lagi ke bawah buat ikut nimbrung ngobrol sama kang Surya. Sekitar jam 2 gw pamit naik lagi karena udah ngantuk. Pada kuat banget begadang ni pria-pria. Sesampainya di kasur gw langsung pingsan..

30 Juli 2015
Usai sarapan, Danang ngasih gw plastik isi kaos. Katanya dari kang Surya yang tadi pagi datang lagi untuk nitipin tuh kaos buat gw ke Danang. Kaos itu buatannya kang Surya, tulisannya “Indonesia itu indah.” Aaaaa…. Makasih ya akaang. :D Langsung deh gw foto dan kirim ke grup Rinjani, ngabarin bahwa gw udah terima kaosnya. Eh anak” lain jadi pada malak kang Surya, minta kaos juga. Woy yang dikasih cuma gw woy, kalian mupengan aja. Wkwkwk.

Hari ini rencananya adalah belanja oleh”, trus makan siang, dan terakhir ke bandara untuk pulang. Selesai packing yang berulang-ulang, karena ada aja yang ketinggalan, Ridho datang dan siap menculik kita untuk jalan”. Yeay! Pertama hunting mutiara Lombok dulu, trus belanja baju, kain Lombok, dan cinderamata lain di Cakra. Selanjutnya makan siang. Saat makan siang ini, gw mulai ngerasa sedih ninggalin Lombok. Asli Lombok bikin betah. Huaaa rasanya pengen tinggal di sini aja!

Selesai makan siang bareng, Ridho dan Danang nganter gw dan Pipit ke bandara. Tapi sebelumnya mampir ke alfamart dulu di depan Bandara, Pipit nyari kopi Lombok 555 untuk oleh". Gw lirik jam tangan ternyata udah jam14.20. Eaaa pesawat gw jam 14.40. Ga mau tiket angus lagi, gw ingetin anak” untuk buru. Ridho, Danang, dan Pipit dengan selow bilang,”santai aja, Ra.” Gilingan. Wkwkwk. Turun dari mobil gw langsung jalan cepet  masuk ke bandara. Danang dan Pipit nyusul di belakang, sedangkan Ridho nyari parkiran. Setelah pamitan ke Danang dan Pipit, gw masuk untuk check in tiket. Trus langsung ke ruang tunggu dan npon Ridho untuk pamitan, say sorry karena tadi buru” jadi ga nungguin dia datang untuk pamitan langsung. Selesai npon gw langsung masuk ke antrean penumpang yang mau masuk pesawat dan akhirnya naik.

Oia, di pesawat, gw melihat Rinjani dan pulau Lombok dari jendela. Seriusan ya, itu baguuuss banget. Lombok itu pulau kecil, seriusan, kecil. Tapi punya Rinjani yang begitu besaar dan tinggi menjulang. Dari jendela pesawat itu gw melihat betapa pulau Lombok didominasi oleh keberadaan Rinjani. Takjub. Keasikan mata gw terusik oleh pramugari yang nanya gw mau pilih menu apa untuk makan. Setelah gw jawab, gw kembali noleh ke arah jendela, tapi pemandangan Rinjani dan pulau Lombok udah tertinggal di belakang. Aah Rinjani.. Dan 2 jam kemudian (tapi karena perbedaan waktu jadi 1 jam), jam 15.40, gw tiba kembali di Jakarta.

Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat; my girls; Pipit, Fani, Kristin, Ebi, juga kang Diman, kang Surya, Hendri, Hendra, Kartono, Danang, Alam, Lia, Ica, Ridho, dan Bang Beng. Eksplor Rinjani dan Lombok done and nice. Thanks, guys. Kalian luar biassa. Sampai bertemu tahun depan! :D