Senin, 16 Januari 2012

TALAGA WANACAKTI


Tulisan ini gw buat tepat setahun yang lalu, 16 Januari 2011.
dalam rangka ulang tahun TWC sayaang... *peluk
tapi postnya hari ini yaa... met ulang taun yang ke 7 TaWa Canda 


Hari ini, yup, hari minggu tanggal 16 Januari, tapi tahunnya beda, tahun 2005, gw resmi dilantik sebagai anggota baru Elpala (Enam Lapan Pecinta Alam) angkatan XX dengan nama angkatan TALAGA WANAƇAKTI (baca: TALAGA WANASAKTI). What a wonderful name!! :)

Hari itu, ketika slayer Elpala yang berwarna biru dilingkarkan ke leher gw, prasaan gw campur aduk. Seneng, terharu, bangga, dan juga lega karena perjuangan gw slama ini ga siaaaa2. Hore! Walaupun dengan pnampilan acak kadut kotor berlumur tanah, air, keringet, dan segala macemnya karena udah menempuh perjalanan selama lima hari empat malem di alam, tapi gw bisa ngrasain ga cuma bibir gw yang tersenyum, jiwa gw juga tersenyum. Oooouuuhh,,, :D

Gw jadi flashback ke masa" awal gw minat d Elpala. Hari itu ptengahan bulan Juli 2004, hari kedua pendaftaran siswa baru SMA. Gw daftar di SMA 68 yang tletak di Salemba Raya, Jakarta. Jauh aje dari rumah gw. Awalnya 68 bukanlah sekolah lanjutan yang gw tuju. Tadinya maunya di SMA 13, deket rumah, tapi karena ada perjanjian dalam hati, hehehe, ahirnya beralih ke 68 ini. And I thankful for that. Jadilah gw ngdaftar di 68.

Sesampainy di 68, blom deng, baru masuk pintu gerbang kompleks pendidikan salemba, udah penuh banget ma kendaraan & orang" yang lalu lintas. Lalu lalang, ko lalu lintas sih. -_-" waktu itu gw di anter ma abang & kakak gw. Abis parkir, gw ditemenin kakak gw turun buat ngurus pendaftaran. Abang gw stay di mobil. Ok. Masuk ke 68,,, damn! Gila! Rame banget orang". Lapangan 68 yang hemat tempat itu ketutup ma orang".  Set dah,, rame bener yang mo ngdaftar.

Abis itu gw ikutin kakak gw aja deh kemana2nya. Bingung gw. Trus kakak gw ada ngobrol gitu ma cowo. Yasuw, gw biarin. Temennya kali. Gw asik ngamatin calon sekolah gw. Hehehe. Pas gw liat kakak gw lagi, loh ko udah ga ada?? Tapi tu cowo masih ada. Yawda, dengan ga sopannya gw langsung nanya aja ma cowo yang tadi ngobrol ma kakak gw.

Gw: kakak gw tadi ke mana ya?
Oi (orang itu): oh, tadi ke situ tuh (sambil nunjuk ke arah gerbang)
Gw: ooo… (bukannya bilang makasih)
Oi: lo mo masuk 68 ya?
Gw: (menoleh dengan mengernyitkan dahi sedikit. Maklum, gw suka males ngeladenin sapaan cowo asing, hehe. Padahal tadi jelas" gw yang nyapa duluan ya, haha) iya

Singkat kata kenalanlah gw ma orang itu. Namanya Tama, yang selanjutnya he’s becoming my big brother di Elpala.

Tama: lo nanti di 68 mo ngambil ekskul apa?
Gw: blom tau juga ya
Tama: di 68 ini ekskulnya cuma ada 2

Seriusan ya, pas gw denger Tama ngomong gitu, pandangan gw yang sbelumnya masih asik ngliat skeliling langsung beralih ke Tama. Shock! Anjrit kayaknya gw salah milih sekolah ni. Seriusan lo?? Sekolah apaan yang ekskulnya cuma 2???

Gw:  hah?? Apa?? Cuma 2??
Tama:  (dengan pandangan sumringah, tau bahwa gw udah kena jebakan betmennya dia) dengerin dulu, cuma 2 (sambil nunjukin 2 jari tangannya) Elpala dan ekskul lainnya
Gw: ahhhhhh… (nyadar klo udah dkerjain)

Sialan juga ni orang, gw dkerjain. Pasti muka gw tadi heboh banget dah. -_-" tapi dari situlah suasana jadi mencair. Tama cerita singkat tentang Elpala. Dia angkatan XIV, Bayu Buana. Dan dia ngajakin gw untuk join ma Elpala. Gw memang tertarik sama kegiatan" di alam bebas. Rasany gimanaa gitu. Gw jadi pengen tau lagi tentang Elpala. Itu kali pertama gw tau Elpala. And I say thankful for that, Tama. :D Cara promosi lo bagus Tam, knapa ga jadi sales aja? Hehehehe. Oia, pendaftaran sekolah gw jadinya juga dibantuin dia, jadi ga pake ngantri, cepet deh pokokny. Tenkyuuuu…

Singkat cerita, jadilah gw masuk Elpala. Dan di Elpala, untuk jadi anggota ada seleksi yang menyertainya. Tingkatan pertama disebut bacang, yaitu bakal calon anggota. Bacang di angkatan gw itu ada 36 orang. Masa" bacang bkisar sebulan yang selanjutnya diadain kaderisasi buat pengukuhan status jadi caang (calon anggota). Nah, di caang angkatan gw menyusut jadi 29 orang. Selanjutnya kita menjalani diksar atau pendidikan dasar, ada materi di kelas, ada juga praktek lapangan dan latihan fisik. Masa caang bkisar 4 bulan. Jadi totalny 1 semester. Sebagai penutup seleksi, ada tes tertulis di kelas dan ada tes fisik. Keseluruhannnya diolah & jika dinyatakan lulus, baru bisa ikut plantikan.

Oia, di 68 ini gw ngambil 3 ekskul, Elpala, tosla drama, & bridge. Bridge olahraga kartu itu looh, karena gw juga suka main kartu. Tadinya gw masih mo nambah 1 lagi, dance, karena gw juga suka dance. Waktu smp klas 2 plajaran seni, di klompok gw ikutan bkin koreografi, jadi dancer & nyanyi juga. Lagunya lagu M.E, inikah cinta. Dan kata temen2 sekelas gw yang paling lincah gerakannya. Wohohooo. Ok, kmbali ke cerita. Dance ini ahirnya ga jadi gw ambil karena cowo gw saat itu keberatan klo gw harus joged2 depan orang banyak. Simpel tapi yup, gw ngerti maksud dia & gw hargai itu. Jadi dance dicancel.

Lanjut, walaupun beberapa orang terdekat ga setuju dengan kegiatan gw di Elpala, tapi gw maju terus.  Gw ga mau mundur. Walaupun gw juga ngrasa cape, tapi gw mnikmati kegiatannya. Walaupun harus nunggu 1 semester, gw ikutin. Apalagi tabiat gw semakin dilarang malah semakin bikin penasaran. Dan memang, gw udah suka sama Elpala. Dan klo gw udah suka sama sesuatu, selama gw yakin itu bukan sesuatu yang salah, pasti akan gw perjuangin banget-banget-bangetan. Hohohoho. Dan ngliat gw yang kekeh sama Elpala ahirny orang" pada ngdukung gw juga. Makasii. Dan pada hari pengumuman kelulusan Elpala, gw liat nama gw tcantum sebagai lulus. Aseeekk!!!

Balik ke hari trahir plantikan, 16 Januari 2005, gw pandangin tu slayer biru, identitas keanggotaan Elpala yang melingkari leher gw. Gw pandangin angkatan gw yang pada cerah ceria. Angkatan gw ini berjumlah 15 orang, terdiri dari 12 cwe dan 3 cwo. Mantap! Haha. Ahirnya.. ahirnya hari ini datang. Plantikan yang diadain dari tanggal 12-16 Januari 2005 di gunung Halimun itu ahirnya tertunaikan. Hohoho. Dan jadilah gw anggota Elpala. Masa SMA gw bersama Elpala adalah masa" sekolah terbaik yang pernah gw rasain. Elpala jadi rumah kedua bagi gw. Gw nemuin saudara" yang kata anak" sih istilahnya sodara ketemu gede. Haha.

Di Elpala gw bisa mengekspresikan minat gw. Di sekolah gw bisa rapling, jummaring, flying fox (gaya favorit gaya superman, brasa kayak terbang bneran), ato triak spuasnya di lantai 5 68 yang merupakan tempat latihan Elpala. Lantai 5 ini beratapkan langit langsung. Jd pewe banget. Di alam lebih banyak lagi yang bisa gw dapet. Gw suka hal" yang bisa bkin adrenalin gw terpacu dan mrasa puas saat bisa mlewatinya. Alam menjadi tempat yang klik buat ngjernihin pikiran dan mengagumi kuasaNya.

Ga terasa udah 6 tahun berlalu sejak plantikan itu. Met ulang tahun yang ke 6 TWC, TaWa Canda. Terima kasih untuk kebersamaannya. Terima kasih kluarga besar Elpala. Kita kumpul lagi ya di acara ultah perak Elpala tanggal 29-30 Januari 2011. Viva Elpala!

Berbagi waktu dengan alam
Kau akan tahu siapa dirimu yang sebenarnya
Hakikat manusia..
(OST GIE)

2 komentar: